Xiaomi Ajukan Paten Ponsel Layar Lipat dengan Kamera Pop Up

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Xiaomi dikabarkan telah mengajukan permohonan paten smartphone layar lipat dengan kamera pop up, atau kamera yang ditanamkan di layar handphone dan bisa muncul ke atas secara otomatis.

Dikutip dari Gizmochina pada Jumat (27/11/2020), Xiaomi telah mengajukan paten ini ke Sistem Desain Internasional asal Belanda, Hague International Design, yang juga bagian dari World Intellectual Property Office (WIPO/Kantor Kekayaan Intelektual Dunia). Pengajuan ini telah dilakukan sejak September 2020.

Sebelumnya, Xiaomi telah mematenkan ponsel lipat yang memiliki kemiripan dengan desain Samsung Galaxy Fold. Ponsel lipat yang diajukan waktu itu memiliki layar lipat ke dalam dan tampilan sekunder di luar. Dalam pengajuan paten baru, Xiaomi menambahkan fitur kamera depan pop up dalam ponsel lipatnya.

Saat dibentangkan, smartphone akan menampilkan layar besar yang terlihat seperti tablet. Bagian depan dikelilingi bezel yang menawarkan permukaan tampilan penuh.

Baca Juga: Poco Resmi Berpisah dari Xiaomi

Kemudian di bagian kanan, terlihat ada dua tombol yang diyakini sebagai tombol power dan pengaturan volume. Sedangkan di bagian belakang terlihat ada tiga kamera yang disusun secara vertikal.

Untuk bagian kamera pop up, perangkat itu ditempatkan di bagian kanan layar. Kamera pop up ini bisa digunakan dalam mode layar utama ataupun layar kedua dalam bentuk lebih kecil. Apabila ponsel dilipat, maka kamera tersebut akan ikut muncul juga, tidak hanya dalam model layar utama.

Meski begitu, spesifikasi detail terkait smartphone ini belum diketahui. Informasi hanya menampilkan desain ponsel kamera pop up dengan layar lipat. Belum bisa dipastikan juga apakah Xiaomi bakal menggunakan paten itu dalam peluncuran smartphone selanjutnya.